Widget HTML #1



Tidak Ada yang Benar-Benar Kita Miliki



Di dunia fana ini setiap kita hanyalah tamu,

Diri beserta Harta bendanya pun hanyalah pinjaman. 

Ketahuilah setiap tamu pasti akan pergi berlalu,

cepat ataupun lambat pinjaman pun harus kita kembalikan 

dan dipertanggungjawabkan.”


Hakikatnya tidak ada yang disebut kehilangan. Kenapa? Karena semua yang ada di dalam diri kita hanyalah titipan dari-Nya.


Kita tidak akan pernah menyebut kehilangan kalau kita tahu bahwa semua yang ada di kita adalah titipan. Jadi sebenarnya tidak ada yang kita miliki yang ada adalah kita dititipi. Jadi kalau yang dititipi itu diambil lagi oleh pemiliknya namanya kehilangan atau bukan? Bukan! Diambil lagi oleh pemiliknya, atau boleh jadi yang kedua pemiliknya menggantikan dengan yang lebih baik daripada apa yang diambil itu.


Jika tidak ingin merasa kehilangan, maka Jangan merasa memiliki.

Hakikatnya memang tidak ada yang kita punya, semua hanya titipan. Bukan hilang, tapi Allah mengganti dengan yang lebih baik dan lebih indah.


وَلِلّٰهِ  مَا  فِى  السَّمٰوٰتِ  وَمَا  فِى  الْاَ رْضِ   ۗ وَلَـقَدْ  وَصَّيْنَا  الَّذِيْنَ  اُوْتُوا  الْكِتٰبَ  مِنْ  قَبْلِكُمْ  وَاِ يَّا كُمْ  اَنِ  اتَّقُوا  اللّٰهَ   ۗ وَاِ

 نْ  تَكْفُرُوْا  فَاِ نَّ  لِلّٰهِ  مَا  فِى  السَّمٰوٰتِ  وَمَا  فِى  الْاَ رْضِ   ۗ وَكَا نَ  اللّٰهُ  غَنِيًّا  حَمِيْدًا


Dan milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di Bumi, dan sungguh, Kami telah memerintahkan kepada orang yang diberi Kitab Suci sebelum kamu dan (juga) kepadamu agar bertakwa kepada Allah. Tetapi jika kamu ingkar, maka (ketahuilah), milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di Bumi dan Allah Maha Kaya, Maha Terpuji.” (QS. An-Nisa’ 4: Ayat 131).


Dan milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di Bumi. Puluhan kali pernyataan milik Allah lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, mengingatkan kepada kita bahwa kita kecil, tidak ada apa apanya, tidak perlu sombong. Tidak ada yang bisa kita sombongkan, sebab semua hanya titipan.


@al.makna

Lumajang, 29 Syawal 1445H

Posting Komentar untuk "Tidak Ada yang Benar-Benar Kita Miliki"

Yuk Jadi Orang Tua Asuh Santri Penghafal Al Qur’an