Widget HTML #1



Mengetuk Pintu Surga Hanya Dengan Amalan yang ‘Mudah’


Untuk pundak yang tengah diamanahi beban ujian, 

bersabarlah engkau tidak sendirian

Hakikatnya semua manusia tengah bertahan  dan berjuang


Ada yang sedang berjuang untuk melunasi hutang-hutangnya,

Ada yang tengah berjuang keluar dari kubangan maksiat, 

ada yang sedang berjuang untuk menyekolahkan anak-anaknya


Ada yang sedang berjuang melawan sakitnya,

Ada yang pagi ini keluar rumah tanpa ada makanan di rumahnya


Andai kehidupan dunia itu mudah tanpa ada terpaan ujian dan badai nestapa, niscaya sabar tidak akan menjadi salah satu nama pintu di surga

Maka bersabarlah hingga engkau dipersilahkan mengetuk pintunya”


——


Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas” (QS. Az Zumar: 10). Al Auza’i berkata bahwa yang dimaksud adalah orang yang sabar pahalanya tidak bisa ditimbang atau ditakar. As Sudi mengatakan bahwa balasan orang yang sabar adalah surga. (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim — Imam Ibnu Katsir)


Berikut balasan indah dari kesabaran, dari ‘Atho’ bin Abi Robaah, ia berkata bahwa Ibnu ‘Abbas berkata padanya, “Maukah kutunjukkan wanita yang termasuk penduduk surga?” ‘Atho menjawab, “Iya mau.” Ibnu ‘Abbas berkata, “Wanita yang berkulit hitam ini, ia pernah mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lantas ia pun berkata, “Aku menderita penyakit ayan dan auratku sering terbuka karenanya. Berdo’alah pada Allah untukku.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, “Jika mau sabar, bagimu surga. Jika engkau mau, aku akan berdo’a pada Allah supaya menyembuhkanmu.” Wanita itu pun berkata, “Aku memilih bersabar.” Lalu ia berkata pula, “Auratku biasa tersingkap (kala aku terkena ayan). Berdo’alah pada Allah supaya auratku tidak terbuka.” Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam- pun berdo’a pada Allah untuk wanita tersebut. (HR. Bukhari no. 5652 dan Muslim no. 2576).


Pintu itu, bernama Al-Kadziminal Ghaidz wal Afina, yakni pintu surga khusus untuk umat Islam yang dapat mengendalikah amarahnya. Al Qadhi ‘Iyadh rahimahullah mengomentari hadits HR. Bukhari no.3666 “Imam Muslim dalam hadits ini menyebutkan 4 pintu surga, kemudian beliau menyebutkan 4 sisanya. Diantaranya: babut taubah (pintu taubat), babul kazhiminal ghaizha (pintu menahan marah), babur radhiin (pintu ridha), dan babul ayman (pintu kanan) yang dimasuki oleh orang yang masuk surga tanpa hisab” (At Tadzkirah bi Ahwalil Mauta wal Akhirah, 16/183).


sumber bacaan : www.rumaysho.com


@al.makna 

19 Syawal 1445 H

Posting Komentar untuk "Mengetuk Pintu Surga Hanya Dengan Amalan yang ‘Mudah’"

Yuk Jadi Orang Tua Asuh Santri Penghafal Al Qur’an