Widget HTML #1



Titip Pahala Kepada Orang Tua Yang Sudah Meninggal





Pertanyaan :

Assalamualaikum Warohmatullohi wabarokatuh, 
afwan ijin bertanya Ustadz,

Bisakah kita beribadah atau beramal tetapi pahalanya dititipkan untuk orang lain ? misal untuk orang tua kita. Karena ada orang bilang, kalau habis ngaji atau ibadah lainnya jangan lupa titip pahalanya untuk orang tua kita.


Jawaban :

Waalaikum salam warohmatullah wabarokatuh alhamdulillah ini pertanyaan yang menarik dan penting dan insyaallah akan kami jawab sesuai dengan apa yang kami ketahui 

1.bisa insya Allah, dan ini sebagaimana hadist syubrumah saat rasulullah ditanyakan tentang pahala haji yang dihadiahkan untuk seseorang apakah bisa/sampai ? (HR abu daud no 1811 al albani mengatakan hadist ini sohih). Juga hadits tentang seorang sahabat yang bertanya tentang keadaan ibunya yang saat akan wafat dan sangkaan kuat sang anak ibunya ingin bersedekah maka rasulullah menjawab boleh bersedekah atas nama ibu tersebut dan pahalanya sampai insyaallah, namun disini harus kita ketahui bersama juga bahwa kalaulah kita baca alquran itu tidak perlu repot-repot melafadzkan titip pahala untuk mereka karena apa yang kita lakukan dari amal Sholih seperti baca alquran, sholat, sedekah dan lain-lain insya Allah  Orang Tua juga mendapat pahala darinya dan ini kekhususan yang Allah berikan kepada seseorang yang mendidik anaknya jadi seorang yang sholih hingga tiap apa yang dilakukan anak, orangtua akan mendapat bagian pahala juga.

Tapi ini bukan menjadi dalil kebolehan kita menciptakan amalan ibadah baru yang tiada contoh dari rasulullah (larangan menciptakan amal ibadah baru dalam agama terdapat dalam hadits sayyidah aisyah nomor 5 dalam kitab al arbain an nawawi)  seperti mengumpulkan orang orang di waktu tertentu dengan mengajak mereka untuk baca alquran, baca istighfar dan lainnya untuk dihadiahkan kepada orangtua kita karena amalan seperti ini butuh dalil dan contoh dari rasulullah shallallahu alaihi wasallam hingga ia sah dianggap sebagai ibadah

Semoga kita semua jadi anak solih yang tiap doa dan amal sholih yang kita lakukan akan bermanfaat untuk orang tua kita dialam kuburnya aamiin.





Dijawab oleh :
Ustadz Faisol Abu Hamzah
Pengajar Ma'had Ibnu Utsaimin Lumajang

Posting Komentar untuk "Titip Pahala Kepada Orang Tua Yang Sudah Meninggal"

Yuk Jadi Orang Tua Asuh Santri Penghafal Al Qur’an