Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1



Jika Allah panjangkan usiamu




Akan kau lewati masa dimana orang tuamu beranjak sepuh, lenmah,sakit dan tidak berdaya d atas tempat tidur. Kau harus mengganti popok dewasanya karean sudah tiada daya bagi mereka ke kamar mandi sendiri.

Hari-harimu akan diisi dengan kamar tidur beliau yag berbau karena air seni dan kotoran, makanan yang mungkin bercecer di atas ranjag dan segenap bau tidak nyaman lainya.

Saat itu orang tuamu mulai kembali ke pikiran anak-anak, hatinya mulai rapuh, air matanya sering jatuh dan sediit saja dirimu dan istrimu bersuara keras di dapur bagai bentakan yang membuatnya dia menangis.

Wahai anak dari seorang ibu yang dulu pernah dengan senyum ikhlas membersihkan kotoranmu dan memandikan tubuh baumu, wahai anak dari seorang Ayah yang dulu pernah berjuang keras peras keringat banting tulang demi menafkahi dan menegakan tulang punggungmu.

Ingatlah sebuah perintah dari Allah sang maha raja semesta bahwa kewajiban berkbakti kepada keudanya telah disandingkan dengan perintah untuk tidak berbuat syirik kepadanya.





Allah Ta’ala berfirman,

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS. Al-Isra’: 23)

Semoga Allah Ta'ala memberi taufuk bagi kita semua dan dihindarkan dari sifat durhaka kepada orang tua kita.






Ditulis oleh : Ustadz Faisol Abu Hamzah
Pengajar Ma'had Ibnu Utsaimin & ZIIS Lumajang

4 komentar untuk "Jika Allah panjangkan usiamu"

  1. Semoga kita jadi anak anak yang Soleh begitu pula anak keturunan kita

    BalasHapus
  2. Barokallahufiikum all team al Makna, terus berkaya meski di luar banyak badai menerpa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masyaallah wafik barokallahu akhi

      Hapus