Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1



Adakah yang lebih kuat dari doa ?





Adakah yang lebih kuat dari doa ?

Tidak ada.

Dia menjadikan lebih kuat bahkan dari takdir yang Ia tuliskan.

Doa yang kau lirihkan,
Mampu merubah apa yang elah dituliskan,
Cukup jangan kehlangan keyakinan
 
Syaikh Muhammad bin Shalih al-Ustsaimin pernah ditanya

"Apakah doa memliliki pengaruh mengubah apa yang ditetapkan Allah kepada manusia sebelum terjadi ?"

Maka beliau menjawab, "Tidak diragukan lagi, doa memiliki pengaruh untuk mengubah apa yang telah ditetapkan Allah. Akan tetpi, perubahan karean sebab doa itu pun sebenarnya telah ditetapkan Allah sebelumnya. Janganlah engkau mengira bahwa apabalia engakau telah berdoa, berati engkau meminta sesuatu yang belum ditetapkan. Akan tetapi, doa yang engkau panjatkan itu hakikatnya telah ditetapkan dan apa yang terjadi karena doa tersebut juga telah ditetapkan.

OLeh sebab itu, terkadang kita menjumpai seseorang mendoakan kesembuhan untuk orang sakit, kemudian sembuh. Dan juga kisah sekelompok sahabat yang diutus Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam singgah bertamu di suatu kaum, tetapi kaum tersebut tidak mau menjamu mereka.

Kemudian Allah Subhanahu wa Ta'ala menakdirkan seekor ular menyengat pemimpin mereka. Llau mereka mencari orang yang bisa membca doa kepadanyaagar sembuh. Kemudian para sahabat mengajukan persyaratan upah tertentu untuk membacakan doa kesembuhan kepadanya. Kemudian mereka (kaum) memberikan sepotong kambing, maka berngkatlah salah seorang dari sahabat untuk membacakan Al-Fihah untuknya, maka hilanglah racun tersebut seprti unta terlepas dari ikatanya. Maka bacaan doa tersebut berpengaruh menyembuhkan orang yang sakit.

Dengan demikian, doa memiliki pengaruh, namun tidak mengubah ketetpan Allah, kan tetai kesembuhan tersebut telah tertulis dengan lantaran doa yang juga telah tertulis. Segala sesuatu terjadi karena ketentuan Allah, begitu juga segala sebab memiliki pengaruh terhadap musabbab (akibat)-nya dengan kehendak Allah. SEmua sebab telah tertulis dan semua hal yang terjadi karena sebab itu juga tetlah tertulis."

(Lihat Majmu Fatawa wa Rasa'il Ibnu Utsaimin, 2/71)

Sumber : Majalah Al Mawaddah, Vol. 34/Ramadhan-Syawwal 1431 H)




 — @al.makna

Posting Komentar untuk "Adakah yang lebih kuat dari doa ?"