Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1



Pentingnya Mengetahui Fiqih Qurban




Bismillah,


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Alhamdulillah wa Sholatu wa Salamu ‘ala Rosulillah wa ‘ala Alihi wa Ashabihi waman walah

Asyhadu allaa ilaha illallaahu wah dahulaa syariikalahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu warasuuluhu la nabiya ba’da.

Ikhwani wa Akhwati Fillah ‘Azaniyallahu wa iyyakum,

Tidak lama lagi kita akan bertemu dengan bulan yang sangat mulia, Bulan yang mana dikatakan oleh Nabi kita Muhammad ﷺ

Hadits : 

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ ». يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ

Tidak ada hari yang amal sholeh lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari yang sepuluh ini (10 awal Dzulhijjah)  ( HR. Bukhari)

Bahkan lebih jauh Rasulallah ﷺ mengatakan :

ما من أيام أعظم ولا احب إلى الله العمل فيهن من هذه الأيام العشر فأكثروا فيهن من التهليل والتكبير والتحميد

Tidak ada hari yang paling agung dan amat dicintai Allah untuk berbuat kebajikan didalamnya daripada sepuluh hari (Dzulhijjah)ini. Maka perbanyaklah pada saat itu Tahlil Takbir dan Tahmid (HR. Ahmad)

maka perintah Nabi Muhammad ﷺ maka perbanyaklah pada bulan tersebut Tahlil Tahmid Tasbih dan Takbir.

Diantara sekian ibadah yang disyaratkan oleh Allah Ta'ala yaitu ibadah Qurban dan ibadah qurban ini adalah ibadah yang sangat mulia bahkan merupakan bentuk taqorub kepada Allah Ta'ala. Maka seyogyanya seorang Muslim mengetahui hukum dan tata cara berqurban, sehingga qurbanya itu diterima oleh Allah Ta'ala.

Ada banyak alasan kenapa kita mengetahui hukum dan tata cara berkurban diantaranya adalah :

  1. Berqurban merupakan perintah dari Allah Ta'ala, Allah berfirman dalam Al Quran surat Al Kautsar ayat ke dua Fashollilirobbika wanhar (maka laksanakan sholat untuk Robmu dan berqurbanlah), Sebagian ahli tafsir mengatakan "Sholatlah ied dan sembelilhlah qurban pada hari tersebut
  2. Qurban merupakan ibadah yang diulang-ulang sesuatu yang diulang-ulang dan dilakukan terus menerus itu menunjukan bahwa sesuatu itu mempunyai nilai, mempunyai keutamaan dan kedudukan tinggi di dalam Islam. Maka sesuatu yang bernilai dan mempunyai kedudukan yang tinggi ini seyogyanya seorang Muslim mengetahui hukum dan tata caranya.
  3. Sebagian Ulama memandang wajibnya hukum berqurban adapaun tentang hukumnya Insyaa Allah kita akan bahas pada pertemuan berikutnya. 
  4. Ibadah qurban adalah ibadah yang berkaitan dengan harta dan fisik, maka jangan sampai harta yang telah kita keluarkan tenaga atau fisik yang telah kita lakukan itu akan menjadi sia-sia gara-gara kita tidak mengetahui hukum dan tata cara berqurban, sebagaimana telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad ﷺ.
  5. Ibadah qurban merupakan ibadah sunnah Nabi kita Muhammad ﷺ, maka bentuk bukti cinta kita kepada beliau  maka kita hidupkan sunnahnya, kita pelajari sunnahnya agar supaya qurban yang kita lakukan ini sesuai dengan apa yang beliau ajarkan ﷺ.

Inilah berapa hal yang harus  menjadi pusat perhatian kita semua agar kita semangat untuk mengetahui Hkum dan tatacara berqurban, sehingga qurban kita sesuai dengan tuntunan Nabi kita shalallahualaihi wasallam.

wa akhirul dakwana alhamdulillahi robblil alamin

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh




Penulis :

Ustadz Abul Yasa' Eko Setyawan

Mudir Ma'had Ibnu Utsaimin Lumajang.

Posting Komentar untuk "Pentingnya Mengetahui Fiqih Qurban"